5 Menu Buka Puasa Khas Turki

loading…

Menu buka puasa khas Turki menjadi peran penting dalam membentuk budaya makanan di sana. Foto/ 360-yachting.

JAKARTA –Menu buka puasakhas Turki menarik untuk diulas. Pasalnya, Ramadan telah memainkan peran penting dalam membentuk budaya makanan di Turki yang sudah mengakar hingga saat ini.

Di masa lalu, seperti dilansir 360-yachting, ketika supermarket masih sedikit dan banyak bahan-bahan tidak tersedia sepanjang tahun, orang-orang menyimpan persediaan makanan di lemari untuk bulan suci ini.

Para ibu rumah tangga akan membeli produk-produk segar dalam jumlah besar ketika harganya murah dan saat sedang musim, kemudian menyimpannya selama berbulan-bulan untuk persiapan menyambut Ramadan.

Makanan-makanan ini kemudian dengan penuh kasih diubah menjadi hidangan untuk dibagikan oleh seluruh keluarga saat buka puasa.

Lalu, makanan buka puasa apa saja yang menjadi khas Turki? Ada banyak makanan khas Turki selama Ramadan. Berikut ulasannya.

1. Kurma

Hidangan berbuka puasa yang paling istimewa di Turki adalah kurma seperti yang dilakukan Muhammad, dimulai dengan seteguk air dan tiga butir kurma.

2. Meze

Meze biasanya disajikan di meja jelang buka puasa sebagai pengantar ringan untuk hidangan utama. Meze bervariasi, tetapi sering kali ada pilihan berbahan dasar yoghurt bersama dengan berbagai buah zaitun, salad dan keju.

3. Sup

Manfaat sup yang menghidrasi menjadikannya makanan pembuka yang sangat baik selama bulan Ramadan dan hampir selalu disajikan saat berbuka puasa. Turki memiliki banyak sup tradisional yang lezat, namun favorit Ramadan, termasuk miju-miju pedas Ezogelin, Tarhana yang kaya nutrisi, yoghurt Yayla dan sup mint, serta Mercimek corba, pilihan kentang dan miju-miju yang populer.

4. Pida Ramadan

Roti segar dan panas ini disuguhkan kapan saja, tetapi roti pide spesial Ramadan adalah makanan pokok yang sangat digemari yang disajikan selama Ramadan.

Roti bundar beragi ini seukuran piring makan dan memiliki bagian tengah yang empuk dan kerak renyah yang diadu. Seringkali di atasnya diberi sedikit nigella dan biji wijen dan disajikan panas di meja.

5. Zeytin Yagli

Turki terkenal dengan zeytin yagli atau hidangan sayuran berbahan dasar minyak zaitun. Sebagai favorit keluarga, banyak yang disajikan di meja selama bulan Ramadan.

Kuru Fasulye (kacang putih kering), Taze Fasulye (kacang hijau segar), Barbunya (kacang cranberry), dolma (sayuran isi), dan hampir semua sayuran atau daun yang dapat dimakan lainnya yang dimasak dengan minyak zaitun sangat populer dan beberapa disajikan dengan daging yang diawetkan, seperti pastirma atau sosis sucuk pedas untuk menambah rasa protein ekstra.

(tdy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *