Akselerasi Perusahaan Rintisan, 7 Inkubator Bergabung di Program Zoho for Startups

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak tujuh inkubator yang menangani inkubasi 700 perusahaan rintisan (startup) di Indonesia bergabung di program Zoho for Startups di Indonesia.

Program ini dikelola Zoho, perusahaan teknologi informasi asal India untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis perusahaan startup lokal sekaligus mendorong ekosistem kewirusahaan digital yang

Handito Saroso, Country Lead untuk Zoho Indonesia mengatakan, Zoho for Startups merupakan program global Zoho yang dirancang untuk memberikan alat dan sumber daya yang dibutuhkan bagi calon wirausaha untuk memulai dan meningkatkan bisnis mereka.

Program ini menjalin kemitraan strategis dengan badan-badan pemerintah, inkubator startup, akselerator dan pendukung ekosistem untuk menciptakan ekosistem kuat yang memelihara dan mendukung pertumbuhan startup.

Baca juga: 17 Startup Terpilih Mengikuti Program Startup Studio Indonesia Batch 8

Program ini menawarkan kredit senilai 2.500 dolar AS melalui Zoho Wallet kepada startup yang bernaung di bawah inkubator dan akselerator agar mereka bisa memanfaatkan beragam perangkat lunak bisnis dari Zoho.

Hingga saat ini ada 700 startup lokal yang memanfaatkan Zoho Wallet ini.

Program Zoho for startups juga menyediakan bimbingan dan pelatihan berupa panduan dan dukungan penerapan guna membantu startup secara efektif mengintegrasikan dan memanfaatkan serangkaian perangkat lunak Zoho.

Startup akan memiliki akses ke webinar dan lokakarya serta bantuan teknis melalui dukungan email untuk membantu orientasi solusi.

Aplikasi digital Zoho yang banyak digunakan di Indonesia diantaranya Zoho One, Zoho CRM, Zoho Forms, Zoho Creator, Zoho Workplace, Zoho Books, Zoho Desk dan Zoho Sign.

“Di program ini kita bekerja sama dengan 7 perusahaan inkubator di Indonesia untuk memberi nilai lebih pada startup yang mereka inkubasi. Inkubator tersebut diantaranya Indigo dan Cubic. Ke depan akan kita tambah belasan lagi perusahaan inkubator,” bebernya.

Tahun 2023 lalu Zoho bekerja sama dengan ITS Surabaya, Zoho menggelar program Young Ceator Program (YCP) untuk mahasiswa berupa pelatihan insentif selama sepekan agar mereka siap memasuki dunia kerja.

Program ini sudah dijalankan sebanyak 2 batch bersama ITS Surabaya dan ke depan diperluas dengan kampus lain.

Di tahun yang saama Zoho menyelenggarakan bincang bisnis di Jakarta dan Bandung dan tahun ini akan kembali dilanjutkan, salah satunya akan diselenggarakan di Surabaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *