Diduga Jual Beli Proyek, Eks Kepala Dinas di Sukabumi Ditangkap

SUKABUMI – Eks Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Andri Setiawan ditangkap polisi diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan (tipu gelap). Akibatnya Andri sebagai tersangka dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP dan terancam 4 tahun penjara.

Tersangka yang saat ini menjabat Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wali Kota Sukabumi tersebut, diduga melakukan jual beli proyek pembangunan sarana dan prasarana Pusat Kesehatan Hewan Terpadu pada tahun anggaran 2022 kepada kontraktor di Sukabumi.


Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota, AKP Bagus Panuntun mengatakan, transaksi antara korban dan pelaku terjadi pada 13 Januari 2022 lalu di kantor CV Makmur Jaya, Citamiang, Kota Sukabumi.

“Tersangka saat menjabat di salah satu dinas di Kota Sukabumi menawarkan dan menjanjikan 16 paket pekerjaan dan tersangka meminta uang Rp137 juta kepada korban,” kata Bagus kepada MNC Portal Indonesia, saat konferensi pers di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (13/12/2023).

Bagus menambahkan, korban yang sudah menyetor uang tersebut ke rekening pribadi tersangka, dijanjikan akan mendapatkan pekerjaan proyek sebanyak 16 paket. Namun pekerjaan yang dijanjikan tersebut tidak ada sehingga korban mengalami kerugian Rp137 juta.

“(Uangnya) sebagian (dipakai) untuk kepentingan pribadi, dan sebagian lagi masih kita dalami untuk pihak-pihak tertentu apakah ada keterlibatan pegawainya,” ujar Bagus menerangkan.

Lebih lanjut Bagus menduga, dalam kasus tipu gelap ini, masih ada korban lain yang terlibat dalam aksi tersangka. Satreskrim Polres Sukabumi Kota yang baru melakukan penahanan kepada tersangka pada malam tadi, masih mendalami dugaan kaki tangan dan korban lainnya.

BACA JUGA:

Adapun barang bukti yang berhasil disita, lanjut Bagus, 1 lembar hasil cetak data kegiatan Dinas Pertanian tahun anggaran 2022, sebanyak 2 lembar hasil cetak pertemuan korban dan tersangka, 1 bundle hasil rekening Tahapan BCA atas nama korban periode Januari sampai dengan Februari 2022.

Selain itu, polisi menyita dokumen proposal pembangunan prasarana dan sarana Pusat Kesehatan Hewan Terpadu Kota Sukabumi dari satu instansi tahun 2022 yang di tandatangi oleh tersangka selalu kepala dinas.



Follow Berita Okezone di Google News



(wal)












 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *