Ini Cara Mengusir Lalat dari Rumah, Dijamin Ampuh!

Grameds! Siapa yang tidak kesal dengan kehadiran lalat di rumah. Melihat dia terbang ke sana-kemari lalu hinggap di makanan yang akan kita santap. Rasanya menyebalkan ya. 

Kehadiran lalat bukan saja mengganggu kenyamanan, ia juga  merupakan sumber penyebaran wabah penyakit. Lalu bagaimana caranya agar rumah kita terbebas dari lalat? Kita simak artikel berikut ya.

Table of Contents

Kondisi Lingkungan yang Disukai Lalat

Lalat adalah serangga yang sangat adaptif dan dapat ditemukan di berbagai jenis lingkungan. Sebelum kita ingin mengusir lalat di lingkungan kita, perlu diketahui dulu kondisi yang lalat sukai, diantaranya adalah:

Lalat cenderung menyukai lingkungan yang lembab. Kelembaban tinggi memudahkan mereka untuk hidup dan berkembang biak.
Lingkungan dengan banyak sumber makanan, seperti sampah organik, sisa makanan, dan kotoran hewan, menjadi daya tarik bagi lalat. Mereka dapat berkembang biak dan hidup dengan baik di tempat-tempat yang menyediakan cukup makanan.
Lalat umumnya mencari tempat untuk bertelur yang lembab dan kaya nutrisi. Beberapa spesies lalat, seperti lalat buah, biasanya akan bertelur pada buah yang sedang membusuk.
Suhu yang hangat dan temperatur yang stabil mendukung perkembangan lalat. Mereka lebih aktif dan reproduktif dalam kondisi suhu yang nyaman.
Lingkungan yang kotor dan kurang terjaga menjadi tempat yang disukai oleh lalat. Mereka dapat berkumpul di sekitar tempat-tempat sampah atau area dengan tumpukan bahan organik yang membusuk.
Lalat sering tertarik pada cahaya, terutama jenis-jenis lalat yang aktif pada malam hari. Lampu di malam hari dapat menjadi faktor daya tarik bagi beberapa spesies lalat.
Beberapa spesies lalat memerlukan sumber air untuk bertahan hidup. Tempat-tempat dengan sumber air, seperti saluran pembuangan yang bocor atau tempat-tempat dengan kelembaban tinggi, dapat menjadi tempat yang disukai oleh lalat.

Finn adalah seekor lalat yang penuh rasa ingin tahu. Saudara-saudaranya selalu menyuruh Finn untuk menikmati hidup dengan berkeliling dunia dan menyantap makanan lezat. Namun, Finn justru menghabiskan waktunya di perpustakaan untuk mempelajari leluhurnya dan segala hal tentang lalat. Yuk, cari tahu segala hal tentang lalat bersama Finn!

Cara Mengusir Lalat dari Rumah

1. Tutup Rapi Tempat Sampah

Pastikan tempat sampah tertutup rapat dan segera buang sampah organik agar tidak menarik lalat. 

2. Membersihkan Dapur Setelah Mencuci Daging atau Seafood

Bersihkan sink dan meja dapur terutama setelah mencuci daging ayam, ikan atau udang. Masukan kulit udang atau jeroan ke dalam plastik, tutup rapat, lalu buang ke tempat sampah. Semprotkan cairan desinfektan setelahnya. 

3. Gunakan Lilin Aromaterapi

Lilin beraroma seperti lavender, peppermint, atau eucalyptus dapat membantu mengusir lalat.

4. Pasang Jaring Anti Lalat

Pasang jaring anti lalat di jendela dan pintu untuk mencegah lalat masuk ke dalam rumah.

5. Bersihkan Sisa Makanan

Bersihkan sisa makanan atau minuman yang tumpah segera untuk menghindari daya tarik lalat.

6. Gunakan Essential Oil

Teteskan beberapa tetes minyak esensial seperti citrus, peppermint, atau tea tree di sekitar area yang sering ditempati lalat.

7. Gunakan sereh

Lalat tidak suka dengan aroma sereh, jadi pertimbangkan untuk menempatkan tanaman sereh di dalam atau di sekitar rumah. Grameds juga bisa mengepel lantai dengan pembersih lantai dengan aroma sereh.

8. Gunakan Penutup Makanan

Tutup makanan yang tidak terpakai dengan rapat, terutama saat makan di luar ruangan.

9. Rapikan Area Dapur

Pastikan area dapur tetap bersih dan bebas dari sisa makanan yang dapat menarik lalat.

10. Bersihkan Sarang Lalat

Hancurkan dan bersihkan sarang lalat, terutama di sekitar tempat-tempat lembab.

11. Pakai Kipas Angin

Gunakan kipas angin untuk menjaga udara bergerak dan membuat lalat sulit untuk terbang.

12. Hindari Kelembaban Berlebih

Gunakan humidifier untuk mengurangi kelembaban dan mencegah tempat-tempat lembap yang disukai oleh lalat.

13. Gunakan Gelang Anti Lalat

Pakai gelang atau gelang khusus anti lalat yang mengandung bahan-bahan penolak serangga.

14. Rapikan Tempat Penyimpanan Makanan:

Simpan makanan dalam wadah kedap udara dan rapat untuk mencegah lalat masuk.

15. Gunakan perangkap lalat 

Gunakan perangkap  lalat di teras atau dapur untuk mematikan lalat dan serangga lainnya.

16. Gunakan Air Deterjen

Semprotkan campuran air dan deterjen di tempat-tempat yang sering dihuni lalat, seperti tempat sampah.

17. Gunakan Lavender Sachet

Tempatkan sachet lavender di lemari atau tempat yang sering dikunjungi lalat.

18. Menutup Rapat Botol Cairan Manis

Tutup rapat botol cairan manis atau sisa minuman yang bisa menarik perhatian lalat.

19. Pembersihan Rutin

Bersihkan rumah secara rutin, termasuk menyedot debu dan membersihkan sisa makanan yang terjatuh.

20. Gunakan Kertas Krep

Tempelkan kertas krep di jendela atau pintu untuk menangkap lalat yang mencoba masuk.

Bahan Alami Pengusir Lalat

Grameds, kamu juga bisa memakai bahan-bahan organik ini untuk mengusir lalat. Konon, Lalat tidak menyukai beberapa bahan alami tertentu. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengusir lalat:

1. Peppermint 

Aroma peppermint dapat mengusir lalat. Gunakan minyak peppermint atau tanam tanaman pepermint di sekitar rumah.

2. Lemon 

Aroma segar lemon atau jeruk nipis dapat membuat lalat menjauh. Cobalah meletakkan kulit lemon di tempat-tempat yang sering dihuni lalat.

3. Cengkeh

Bau cengkeh yang kuat dapat mengusir lalat. Gunakan minyak cengkeh atau campurkan cengkeh dengan air dan semprotkan sebagai semprotan anti-lalat.

4. Basil 

Tanam tanaman basil di dalam atau di sekitar rumah. Aroma basil dapat mengusir lalat.

5. Lavender 

Aroma lavender yang harum dapat menghalau lalat. Gunakan minyak lavender atau letakkan kantong kain berisi bunga lavender di area yang sering dihuni lalat.

6. Tanaman Miana 

Tanaman miana tidak saja berfungsi sebagai tanaman hias, Miana juga menghasilkan senyawa piretrin yang dikenal sebagai insektisida alami. Senyawa ini dapat digunakan untuk mengusir lalat.

7. Teh Peppermint

Campurkan teh peppermint yang sudah dipakai dengan air dan semprotkan sebagai semprotan pengusir lalat.

8. Kayu Cedar

Aroma kayu cedar dapat menghalau lalat. Gunakan minyak cedarwood atau letakkan potongan kayu cedar di area yang sering dihuni lalat.

9. Minyak Citronella/Sereh

Minyak citronella dikenal sebagai penolak serangga, termasuk lalat. Gunakan sebagai lilin aromaterapi atau semprotkan campuran air dan minyak citronella.

10. Bawang Putih 

Bau kuat dari bawang putih dapat membuat lalat menjauh. Tempatkan irisan bawang putih di tempat-tempat yang sering dikunjungi lalat.

11. Daun Salam

Daun salam mengandung senyawa yang dapat mengusir lalat. Letakkan daun ini di area yang sering dihuni lalat.

Ayo belajar, buku ini sangat menyenangkan! Adik-adik bisa mewarnai, menarik garis, mengenal angka dan banyak kegiatan asyik lainnya. Kecerdasanmu dan kreativitasmu akan tumbuh dan berkembang dengan buku ini. Adapun seri buku pandai mengenal lainnya:

Paud Mengenal Pekerjaan Yuk, ajak anak belajar mengenal berbagai jenis pekerjaan! Di buku ini, anak-anak bisa mengetahui macam-macam profesi, seperti dokter, tentara, dan wartawan. Anak-anak juga bisa belajar mengenai tempat bekerja serta alat yang digunakan untuk bekerja. Buku ini sangat cocok untuk anak-anak karena membuat belajar jadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan!

Paud Mengenal Kendaraan Buku Paud untuk belajar mengenal berbagai jenis kendaraan, seperti kendaraan darat, kendaraan air, kendaraan udara, kendaraan tradisional, dan nama-nama pengemudinya. Materi dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan dan disesuaikan pada anak usia dini.

Paud Mengenal Diri Sendiri Seri buku Paud untuk belajar memahami tentang diri anak, Identitas, Anggota tubuh, Pancaindera, kebutuhan, kebersihan diri, keberagaman, dan ciri khas. Materi dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan anak usia dini.

Paud Mengenal Air, Api, Dan Udara Banyak sekali hal-hal yang perlu diketahui tentang air, api, dan udara, seperti kegunaan, sifat, sumber, dan bahayanya. Buku ini sangat cocok untuk Adik-adik yang ingin mengetahuinya. Belajar menjadi menyenangkan dan menambah wawasan.

Paud Mengenal Dan Cinta Indonesia Seri buku Paud untuk belajar memahami tentang tentang bangsa Indonesia. Banyak hal yang perlu diketahui tentang negara Indonesia antara lain mulai dari lambang dan dasar negara, bendera kebangsaan, lagu wajib/nasional, kepulauan Nusantara, dan masih lain sebagainya. Materi dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan anak usia dini.

Penyakit yang Ditimbulkan oleh Lalat

Lalat dapat menjadi vektor penularan beberapa penyakit karena kemampuannya untuk membawa patogen (mikroorganisme penyebab penyakit) dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat melibatkan berbagai patogen, baik bakteri, virus, maupun parasit. Berikut beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh lalat:

1. Diare dan Penyakit Saluran Pencernaan

Lalat dapat membawa bakteri seperti Salmonella dan E. coli yang dapat menyebabkan infeksi usus dan diare.

2. Keracunan Makanan

Lalat dapat mengkontaminasi makanan dengan patogen, menyebabkan keracunan makanan yang dapat melibatkan berbagai gejala seperti muntah, diare, dan demam.

3. Demam Thypoid

Bakteri Salmonella typhi yang dibawa oleh lalat dapat menyebabkan demam thypoid, suatu penyakit yang menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, dan gejala lainnya.

4. Cholera

Lalat dapat membawa bakteri Vibrio cholerae yang dapat menyebabkan penyakit kolera, ditandai dengan diare berat dan dehidrasi.

5. Kusta 

Lalat dapat membawa bakteri Mycobacterium leprae yang menyebabkan kusta, suatu penyakit kulit dan sistem saraf yang serius.

6. Infeksi Mata 

Lalat dapat mentransmisikan bakteri Chlamydia trachomatis yang menyebabkan trakoma, suatu infeksi mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

7. Infeksi Kulit

Beberapa spesies lalat dapat menggigit dan menyebabkan infeksi kulit, seperti ulkus dan bisul.

8. Toksin Botulinum

Lalat dapat membawa bakteri Clostridium botulinum yang dapat memproduksi toksin botulinum, menyebabkan keracunan botulisme.

9. Penyakit Viral

Lalat juga dapat membawa virus yang menyebabkan berbagai penyakit, seperti virus dengue, virus Zika, dan virus lainnya yang dapat menimbulkan demam, ruam, dan gejala lainnya.

Jenis Lalat Pembawa Bibit Penyakit

Beberapa jenis lalat dikenal sebagai vektor penular penyakit karena kemampuannya membawa bibit penyakit dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa jenis lalat pembawa bibit penyakit meliputi:

1. Lalat Rumah (Musca domestica)

Lalat rumah adalah vektor yang signifikan untuk berbagai penyakit. Mereka dapat membawa bakteri, virus, dan parasit, menyebabkan penyakit seperti diare, keracunan makanan, dan infeksi mata.

2. Lalat Buah (Drosophila spp.)

Lalat buah, terutama spesies Drosophila melanogaster, dapat membawa bakteri dan khamir yang dapat mencemari buah-buahan dan makanan lainnya.

3. Lalat Kuda (Stomoxys spp.)

Lalat kuda dapat membawa bibit penyakit seperti Trypanosoma spp., yang menyebabkan penyakit nagana pada ternak.

4. Lalat Kumbang (Phaenicia spp.)

Lalat kumbang, termasuk lalat hijau dan biru, dapat membawa bakteri penyebab demam tifoid dan paratifoid.

5. Lalat Tsetse (Glossina spp.)

Lalat tsetse dikenal sebagai vektor Trypanosoma brucei, parasit penyebab penyakit tidur (African sleeping sickness) pada manusia dan nagana pada hewan.

6. Lalat Pasir (Phlebotominae)

Lalat pasir dapat membawa parasit Leishmania spp., yang menyebabkan penyakit leishmaniasis pada manusia.

7. Lalat Setengah Kupu-kupu (Muscina spp.)

Lalat setengah kupu-kupu dapat membawa bakteri dan kuman yang dapat mencemari makanan dan menyebabkan penyakit gastrointestinal.

8. Lalat Hitam (Simulium spp.)

Lalat hitam dapat menjadi vektor Onchocerca volvulus, parasit penyebab penyakit mata hitam (onchocerciasis) atau disebut juga sebagai “blinding filariasis.”

9. Lalat Hewan (Hippoboscidae)

Lalat hewan, juga dikenal sebagai lalat rusa atau lalat kuda, dapat menjadi vektor bagi berbagai mikroorganisme penyebab penyakit pada hewan.

Cara Membersihkan Lingkungan Agar Terbebas dari Lalat

Membersihkan rumah saja tidak cukup untuk membuat rumah kita bebas lalat,Grameds. Perlu kesadaran dan upaya untuk turut menjaga kebersihan lingkungan. Berikut adalah beberapa tips yang membantu agar lingkungan terbebas dari lalat.

Sediakan tempat/bak sampah. Tempat/bak sampah harus selalu dalam keadaan kering dan bersih. Hindari membuang sampah dapur berceceran di depan rumah, selokan, atau membuang sampah ke sungai.
Pisahkan sampah organik dan anorganik. Tempatkan sampah organik dalam wadah tertutup untuk mengurangi daya tarik bagi lalat.
Pastikan wadah sampah tertutup rapat dan bersih. Bersihkan secara rutin dan buang sampah secara teratur.
Segera bersihkan sisa makanan dan tumpahan di dapur. Lalat tertarik pada sumber makanan, jadi kebersihan dapur sangat penting.
Simpan makanan dalam wadah kedap udara atau di dalam kulkas untuk mencegah lalat mencari makanan
Jaga kebersihan area pembuangan sampah di dalam dan di sekitar rumah. Pastikan tidak ada sisa sampah yang berserakan.
Pasang terpal anti-lalat di jendela dan pintu untuk mencegah lalat masuk ke dalam rumah.
Bersihkan daun-daun yang membusuk dan buah-buahan yang jatuh di sekitar kebun. Lalat suka berkumpul di tempat-tempat yang lembab.
Pastikan tidak ada air yang menggenang di saluran air atau tempat-tempat lain yang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi lalat.
Membersihkan Sisa Makanan Hewan Peliharaan
Segera bersihkan sisa makanan hewan peliharaan untuk menghindari daya tarik lalat.
Hindari menumpuk barang yang tidak terpakai di dalam atau di sekitar rumah, karena dapat menjadi tempat berlindung bagi lalat.
Gunakan insektisida alami atau semprotan anti-lalat yang aman untuk lingkungan.
Pastikan semua pipa air dan lubang di sekitar rumah tertutup rapat untuk mencegah lalat masuk.
Jaga kebersihan kandang binatang peliharaan dan bersihkan secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menarik lalat.

Dengan menjaga kebersihan dan mengimplementasikan langkah-langkah ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang kurang menarik bagi lalat dan menjaga rumah tetap bersih dan sehat.

Lingkungan dan manusia pada hakikatnya merupakan satu kesatuan tak terpisahkan yang antara keduanya akan saling mempengaruhi keberadaan masing-masing. Kondisi lingkungan akan ditentukan oleh perilaku manusia dan sebaliknya kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh karena itu, perilaku peduli dan sikap ramah lingkungan merupakan sebuah keharusan yang tak terelakkan. Namun perilaku peduli dan sikap ramah lingkungan tidaklah terwujud dengan sendirinya, tetapi membutuhkan pengetahuan, pembinaan, dan pemeliharaan. Dalam hal ini, peran pendidikan sangat dibutuhkan. melalui pendidikan lingkungan akan dapat diketahui semua permasalahan lingkungan dan upaya-upaya yang pencegahan dan penanggulangan yang harus dilakukan untuk mewujudkan kondisi kehidupan manusia yang lebih baik pada masa kini dan masa depan.

Yang tak kalah pentingnya, melalui pendidikan lingkungan, manusia disadarkan akan bencana ekologis yang menanti dan setiap saat akan dapat terjadi bila manusia tak peduli dan bersikap tak ramah terhadap lingkungan. Keberlanjutan kehidupan manusia yang layak, nyaman, dan sejahtera saat ini dan masa depan, salah satunya akan sangat ditentukan oleh bagaimana manusia memperlakukan dan menyikapi lingkungan. Karenanya, pendidikan lingkungan adalah sebuah keniscayaan yang tak terpungkiri dalam hidup dan kehidupan manusia di jagad raya ini.

Kesimpulan

Lalat dapat menimbulkan berbagai bahaya kesehatan karena kemampuannya sebagai pembawa bibit penyakit. Oleh karena itu, penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari lalat. 

Cara mengusir lalat dari rumah melibatkan langkah-langkah seperti menjaga kebersihan dapur, memilah sampah dengan benar, dan menggunakan metode alami seperti aroma peppermint atau lilin aromaterapi. 

Untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas lalat, rutin membersihkan tempat pembuangan sampah, menjaga kebersihan dapur, dan menggunakan terpal anti-lalat di jendela dan pintu dapat menjadi solusi efektif.

Untuk mendalami pengetahuan tentang menjaga kesehatan lingkungan dan melibatkan diri dalam praktik kebersihan yang lebih baik, mari menjelajahi koleksi buku yang tersedia di Gramedia.com. 

Temukan buku-buku informatif tentang kesehatan, lingkungan, dan praktik kebersihan yang dapat membantu kita semua menciptakan lingkungan yang aman dan sehat. 

Dengan memahami risiko yang dapat ditimbulkan oleh lalat dan mengambil tindakan preventif, kita dapat secara aktif berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”


Custom log
Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
Tersedia dalam platform Android dan IOS
Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
Laporan statistik lengkap
Aplikasi aman, praktis, dan efisien

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *